Mengatasi Cegukan

|


Kadang malas banget, lagi enak-enaknya makan ayam bakar campur sambal pete , tiba—tiba cegukan (ye.. kebanyakan pete tuw hiii…). Tapi bener sobat ga banget pokoknya klo tiba-tiba kita cegukan, terus kenapa sih kita bisa cegukan? Dan bagaimana ya caranya agar cegukan kita cepat berhenti? Coba ya kita berpikir.. e..ee…ee… sipz dah ketemu sobat..

Cegukan sebenarnya adalah akibat kontraksi otot-otot pernapasan secara tiba-tiba.
Ketika otot mulai bergerak, glotis (katup tenggorokan) menutup lubang angin di tenggorokan sehingga menghasilkan bunyi cegukan. Cegukan ini tidak berbahaya dan biasanya berlangsung hanya beberapa menit. Penyebabnya bermacam-macam,

bisa makanan pedas, minuman bersoda atau beralkohol, tertawa tiba-tiba, terlalu khawatir, emosi, air dingin, udara dingin,penyakit paru‐paru, asma, gangguan pencernaan, atau efek samping dari beberapa obat.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan, misalnya mengunyah jahe, makan es hancuran, minum air pada posisi miring, minum air secara cepat, kumur dengan air cuka, tarik napas lalu tahan napas selama mungkin sambil menekan perut sekeras mungkin, dekatkan kantong kertas di mulut kemudian tiup dan bernapas dari kantongitu, tutup telinga dan tekan selama beberapa menit, makan se sendok gula atau selai kacang kemudian minum.
Gimana sobat mudah kan.. o......bgitu.. asik dech bisa nglanjutin makan sambal pete lagi hoo......

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukan Komentar Anda di sini

 

©2009 Insight Community | Template Blue by TNB