APAKAH PSIKOLOGI ITU

|



apakah psikologi itu? apakah sama dengan sosiologi? apakah ilmu psikologi bagi orang gila?, apakah psikolog dapat melihat atau menerawang orang lain, ?apakah psikolog dapat meramalkan nasib orang lain?


‘’Psikologi’ berasal dari dua kata: psyche dan logos. Kata psyche berasal dari kata Yunani yang berarti :napas kehidupan” yaitu ”jiwa atau ruh” secara bebas bisa diartikan PIKIRAN

’dalam mitos Yunani, psyche digambarkan sebagai seekor kupu-kupu.dia menjadi istri Eros, dewa cinta (yang oleh bangsa Romawi dinamakan Cupid.)

”dan Logos berarti ’ Pengetahuan” ”Kajian” seperti ”logi-logi” yang lain.

Oleh sebab itu, psikologi semula idefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari jiwa. Tetapi sekarang definisi ini tidak digunalkan oleh kebanyakan psikolog untuk mendefinisikan psikologi.
Mencari Definisi

Banyak psikolog berupaya untuk membedakan secara jelas antara apa yang tepat disebut psikologi dan apa yang tidak.

Jadi, sebagaimana para psikolog mendefinisikan ”psikologi”? Memang sulit menemukan satu definisi yang dapat diterima oleh semua orang. Meskipun kebanyakan psikolog sepakat bahwa definisi itu harus ilmiah--untuk menghindari pemikiran yang kacau. Akan tetapi, tidaklah selalu jelas apa yang dimaksud dengan definisi yang ilmiah itu.

Kesulitan lainnya adalah masalah praktik-ada yang menyatakan kemustahilan”—dilakukan pengkajian ”jiwa” secara langsung. Memang mendefinisikan ”jiwa” sama sekali, terutama ahli behaviorisme, seperti B.F Skiner dan J.B. Watson.

”kita tidak perlu mencari apa sebenarnya arti kepribadian, pikiran, perasaan,.... untuk menganalisis tingkah laku secara ilmiah”. (B.F Skiner 1971)

”jangan pernah menggunakan istilah kesadaran, keadaan mental, pikiran...”(J.B. Watson 1913)

Oleh karena itu, daloam pelaksanaanya, kebanyakan psikolog berkonstrentasi pada apadapat dilihat dan diukur dari tingkah laku manusia termasuk proses biologis dalam tubuh. Pada saat yang sama , walaupuna ada bpandangan yang ektrem dari beberapa ahli Behaviorisme, pada umumnya ”jiwa” masih dipandang sebagai pokok utama bidang psikologi.

Jadi, definisi umum yang banyak diterima adalah
Psikologi adalah kajian ilmiah tentang jiwa dan tingkah laku manusia dan binatang.

Sebaliknya, psikologi adalah terutama tentang individu atau sekumpulan kecil manusia, seperti dalam Psikologi Sosial.
Metode-metode yang digunakan juga berbeda. Dalam Psikologi, ada penekanan untuk melakukan eksperimen, tetapi dalam sosiologi hal tersebut biasanya tidak mungkin dilakukan—dengan alasan praktis dan etika—jadi observasi dan survei lebih sering dilakukan.


Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukan Komentar Anda di sini

 

©2009 Insight Community | Template Blue by TNB