KEADAAN KESADARAN / PRA-SADAR / KETIDAKSADARAN

|




Freud menggambarkan hal ini dengan menggunakan gunung es sebagai analoginya, yang sebenarnya tidak begitu cocok (karena terkesan sebagai benda kaku, tidak luwes) namun ini adalah sebuahawal
Kesadaran adl keadaan atau kesadaran yang kita miliki ketika kita terjaga.
Pra-sadar mencakup mimpi, ”kesalahan ucap”. Dan lain-lain. Memberikan petunjuk tentang ketidaksadaran pikiran dan tindakan yang muncul di situ. Jika Anda ingat tentang mimpi, Anda tidak secara langsung mengungkapkan pikiran yang tidak Anda sadari, melainkan mengingat pikiran yang berbentuk simbol. Simbol ini melindungi kita, agar tidak menjadi risau atau terganggu dengan apa yangsebenarnya dipikirkan oleh ketidaksadaran kita.

Ketidaksadaran mencangkup keinginan dan kecemasan: kenangan yang menimbulkan trauma dari masa lalu kita dan lain-lain. Semua pikiran ini benar-benar tersembunyi dan tidak dapat kita raih. Hal ini penting bagi kita untuk mempertahankan hidupmelupakan trauma masa lalu dalam rangka melanjutkan hidup kita. Kita tidak akan pernah bisa melihat langsung ke dalam ketidaksadaran.

Dalam istilah Freud, kita salah jika mengatakan Subconscious (bawah sadar) ketikayang dimaksud adalah Unconscious. Dia bersikukuh bahwa Unconscious tidak dapat dilihat dan diketahui.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Masukan Komentar Anda di sini

 

©2009 Insight Community | Template Blue by TNB